Untuk posting kali ini saya akan
sedikit menjelaskan mengenai macam-macam komponen yang terdapat di dalam
engine/mesin diesel. Kenapa saya memilih mesin diesel? karena pada industri
alat berat saat ini banyak sekali yang menggunakan mesin diesel sebagai
penggerak utamanya dan jarang sekali ditemui alat berat yang masih meggunakan
mesin bensin.
* Cylinder Head
Struktur
cylinder head tergantung dari metode pembakaran yang digunakan. Fungsi cylinder
head untuk menahan tekanan pembakaran, mengendalikan panas ( dengan system
pendinginan ), tempat duduknya mechanisme valve intake/exhaust dan
mekanisme injeksi bahan bakar. Cylinder head harus memenuhi syarat sebagai
berikut:
− Dapat
menahan tekanan pembakaran dan konsentrasi panas.
−
Mempunyai efek pendinginan yang tinggi.
− Dapat
mencegah kebocoran tekanan pembakaran secara keseluruhan.
− Dapat
mengalirkan udara intake dan exhaust dengan lancar.
− Dapat
mencampur udara dengan bahan bakar secara sempurna.
Type cylinder head antara
lain:
�� Direct
injection type dan pre combustion type
Pada
direct injection type, ruang bakar ditempatkan diantara cylinder head dan bahan bakar langsung diinjeksikan ke
dalam ruang bakar. Pada sistem ini, untuk mendapatkan campuran yang baik,
bentuk nozzle dan arah injeksi merupakan faktor yang sangat menentukan. Pada
pre combustion type, di dalam cylinder
headmembutuhkan tempat yang bebas untuk menempatkan pre combustion chamber
sehingga strukturnya lebih komplit dan membutuhkan perencanaan yang khusus
untuk pendinginan cylinder
head. Pre combustion chamber diklasifikasikan menjadi dua type:
• Pre
combustion chamber yang langsung disatukan di dalam cylinder head.
• Pre
combustion yang terpisah kemudian dipasangkan ke dalam cylinder head.
�� Two
valve type cylinder
head dan
four valve type cylinder
head
Two
valve cylinder head, hanya mempunyai satu intake valve dan
satu exhaust valve.
Untuk four valve type cylinder head mempunyai dua intake valve dan duaexhaust valve. Dalam
langkah pemasukan, udara segar harus masuk sebanyak mungkin dalam waktu
tertentu untuk memperbaiki campuran udara dengan bahan bakar yang
diinjeksikan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut intake danexhaust
valve dibuat
besar.
Four
valve type lebih efektif digunakan jika tempat valve yang sempit atau
ruangan tidak cukup. Four valve type strukturnya yang lebih rumit, tetapi
jumlah udara yang dimasukkan lebih banyak.
�� Sectional
type dan solid type
Solid
type cylinder
head bila
satu cylinder
head digunakan
untuk menutupi seluruh bagian atas cylinder block, sedangkan sectional cylinder head jika satucylinder head hanya menutupi satu atau lebih bagian
atas dari cylinder
block ( atau cylinder head yang terpisah ).
Sectional
type cylinder head mempunyai
efek lebih kecil internal stress atau thermal stress dan mudah dalam
pemasangan,
oleh karena itu sectional type cylinder
head cocok
dipasang pada engine yang bertekanan besar. Sectional type cylinder head juga dapat digunakan engine yang
berbeda jumlah cylinder tetapi ukuran head yang sama.Sedangkan engine
kecil cukup dipasang cylinder head solid type.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar